Minggu, 12 Agustus 2012

Nasionalisme dari Bandung Lautan Api

       Sebentar lagi seluruh rakyat Indonesia, akan memperingati hari Proklamasi kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2012. Hari yang sangat bersejarah bagi bangsa kita Indonesia.Di mana pada waktu itu, Bapak Presiden Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan negara ini. Yang Istimewa tahun ini, peringatan itu bertepatan dengan kehadiran bulan suci ramadhan, mirip seperuti kejadiannya. Salah satu kebutuhan banyak orang dihari itu adalah bendera merah putih, baik yang terbuat dari kain maupun bendera yang terbuat dari kertas. kebutuhan tersebut dimanfaatkan oleh banyak orang untuk meraup untung melalui penjuaran bendera dan aksesoris hari kemerdekaan lainnya. Di Cakranegara, para pedagang bendera sudah sejak bulan Juli lalu bertebaran diberbagai sudut kota.  
pannasnya langit Cakanegara siang itu, seakan membakar para pengunjung kota yang datang dari jauh.  Kampung media berhasil menemui salah seorang penjual bernama Iwan. Ia mengaku datang jauh-jauh dari Bandung untuk menjajakan bendera dan aksesoris lainnya. Saat kampung Media bertanya berapa penghasilan yang ia dapat, Iwan menjawab dengan diplomatis, "tidak tentu mas" 
Ia mengakui bahwa penjualan bendera saat ini tak seramai tahun kemarin. Jika dapat untung 50 ribu, maka keuntungan itu hanya cukup buat mengisi perut dan membeli rokok. Meski begitu, Iwan terlihat tidak susah. dari raut wajahnya ia terlihat puas dengan hasil jualannya. Mungkin saja ia tertular Nasionalisme para pejuang pada peristiwa Bandung Lautan Api . Ayo beli benderanya.(wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar