Selasa, 05 Juni 2012

Lombok Natural : Dari Sampah Menjadi Dolar




Awalnya Mas Ari atau Ir. M. Ari Aditya, MM memimpin sebuah perusahan milik orang Jerman. Dari perusahaan inilah kemudian ia belajar mengolah berbagai macam benda-benda alam seperti daun, bunga, akar pohon, daun, biji-bijian, dan ranting pohon mejadi shouvenir. Bertekad untuk menjadi pengusaha yang mandiri, pengusaha yang menggunakan tenaga warga setempat ini pun hengkang dari perusahaan. Sang bule sempat kecewa, namun itu tidak berlangsung lama, karena akhirnya ia justru dijadikan mitra dalam berusaha. Ia pun mulai merintis usaha dibidang bunga kering dan hiasan lain berbahan dasar “sampah” di rumahnya. Tidak sulit baginya untuk mendapatkan beberapa jenis bahan baku karena semua sudah tersedia di alam, bahkan banyak terbuang dan dianggap sampah.
“Kecuali biji rotan, kami harus mencarinya ke pulau Sumbawa “ kata pak Jamal salah seorang karyawan seniornya. Menurut Jamal, sebetulnya di hutan Rinjani ada banyak sekali sampah-sampah hutan yang bisa dijadikan hiasan dan memiliki nilai jual, namun karena berada di wilayah hutan lindung, sampah tersebut tidak boleh diambil. Mengubah sampah menjadi benda seni adalah keahlian perusahaan ini. Sebagai ekspotir bunga kering dan souvenir dari benda-benda natural, Lombok Natural terbilang sukses. Perusahan yang menjadi binaan Angkasapura ini, telaha bisa mengekspor “sampah” ke berbagai negara seperti Amerika, Jerman, India, Spanyol, bahkan Israel. Khusus yang ke Isreael harus melewati Amerika dulu, sebab kita tidak ada hubungan diplomatik “ Kata Pak jamal melanjutkan ceritanya.
Sebagai perusahaan yang memanfatkan sampah organik, Lombok Natural layak ditiru. Di tengah kebingungan kita akan pengelolaan sampah yang masih banya kendala, ilmu membuat sampah menjadi dolar dari perusahaan ini, bisa dikembangkan untuk mengurangi jumlah sampah yang harus dibuang ke Tempat pembuangan akhir. Pensaran untuk melihat hasil karya perusahaan ini ? datanglah ke Jalan Semangka 36, Sukaraja Timur, Ampenan, Mataram Nusa Tenggara Barat dengan nomor telp : 0370 640703, hp 081 797 362 92 Email:  lombok.natural@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar