Kamis, 21 Juni 2012

Komitmen Moral Lang-lang se-NTB





Kemaren pagi kamis 21 Juli 2012, halaman kantor gubernur terlihat khidmat. Ribuan orang yang tergabung dalam lang-lang se Nusa tenggara Barat melakukan Apel Siaga. Dalam kesempatan tersebut para perwakilan lang-lang seperti Amphibi, Ta’awwun, Darmawisesa dan lainnya membacakan komitmen moral menjaga keamanan. Komitmen moral yang berisi lima butir pernyataan, yakni siap mengamankan kamtimbas, menjaga kamtibmas, mengamankan diri dan keluarga, menjadi teladan masyarakat dan patuh hukum, serta membantu aparta kepolisian menjaga kamtibmas.
    Awalnya  Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, direncanakan  menjadi inspektur upacara namun gubernur yang lebih dikenal dengan Tuan Guru Bajang tersebut, berhalangan . Pidato sambutannya dibacakan oleh Kapolda NTB Brigjen Pol Arif Wachyunadi sekaligus menggantikannya sebagai pimpinan upacara. Dalam pidatonya gubernur menyinggung soal kemanan yang menjadi mutlak dalam sebuah Negara yang sedang membangun dimana diperlukan  terjaminnya tertib dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman masyarakat.      Untuk menjaga stabilitas kamtibmas dibutuhkan 
daya tangkal dan deteksi dini untuk mencegah dan menanggulangi segala bentuk gangguan kamtibmas, pelanggaran hukum dan bentuk gangguan lain yang meresahkan masyarakat.  Situasi kamtibmas saat ini cenderung fluktuatif, seperti kejahatan konvensional yakni pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor, dan kasus-kasus konflik sosial yang muncul dalam bentuk perkelahian antarkampung, dan perkelahian yang berdampak tindakan anarkis. Kejahatan transnasional berupa munculnya jaringan teroris, penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya, yang merambah generasi muda, sehingga mengkhawatirkan berbagai pihak.
Emet salah seorang anggota lang-lang kota Mataram menyambut baik adanya apel siaga tersebut. “ kami siap mengamankan lingkungan dan membantu menciptakan kondisi yang aman dan stabil “ katanya saat kampong media menemuinya usai apel tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar