Selasa, 12 Juni 2012

Koperasi Mandalika : Menjawab Kebutuhan Anggota




Sarat aktifitas. Itulah Kesan yang pertama muncul di benak saat berkunjung ke Koperasi Mandalika  di tengah  aktifitasnya. Lihat saja, hanya dalam waktu beberapa menit duduk dan ngobrol di ruang tamu sekaligus loket Simpan Pinjamnya, kita bisa menyaksikan banyak sekali anggota koperasi yang datang  silih berganti dengan beragam keperluan. “ Mereka datang  menyetor tunggakan, meminjam uang, belanja pakaian, dan macam-macam keperluan lain” kata ibu Hamzah Sekretaris Koperasi yang berkantor di sebelah timur simpang empat Majeluk.
Koperasi yang beralamat di Jalan Transmigrasi,Mataram Timur,Mataram Telephone No. 0370 -64228 ini, awalnya didirikan oleh ibu Gatot Suherman isteri mantan gubernur era 80an. Pendirian Koperasi ini dihajatkan  untuk mensejahterakan  para anggotanya. Berdiri tahun 1981, koperasi ini awalnya beranggotakan beberapa ibu dharma wanita di lingkungan pemprov NTB dan Kabupaten.
“ Anggota awalnya hanya 500 orang, setiap anggota dibebani kewajiban mengeluarkan simpanan pokok sebesar Rp 2500 dan simpanan wajib sebesar Rp. 150, hitung saja berapa jadinya”  Kata ibu   Hj.Bai’ah Ja’far Suryadi  ketua Koperasi tersebut.
Guna pemupukan modal, koperasi yang juga menjadi binaan PT Angkasapura ini, memprogramkan kenaikan simpanan wajib setiap tahunnya. Dengan begitu anggota yang awalnya bisa meminjam paling tinggi Rp 500.000 rupiah, kini bisa meminjam lebih besar sesuai kebutuhannya. Dari kerja keras seluruh pengurus dan anggota tersebut, kini koperasi yang juga menerima deposito anggotanya ini, telah bisa mengelola asset sebesar Sembilan milyar lebih. Tahun 2011 saja, koperasi yang memiliki anggota 2140 orang ini bisa membukukan Sisa Hasil Usaha sebesar 500 juta lebih. Lima orang karyawannya, dengan cekatan melayani anggota yang membutuhkan bantuan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar