Minggu, 03 Juni 2012

KM Abiantubuh Fasilitasi Sosialisasi Bahaya Foging




Pagi 31 Mei 2012, Kantor lurah Babakan didatangi banyak warga. Mereka datang bersama kepala-kepala lingkungan diwilayah binaan Puskesmas Dasan Cermen seperti kelurahan Babakan, Abiantubuh Baru, Dasan Cermen, dan Cakra Selatan Baru. Pagi itu mereka mengikuti sosialisasi tentang bahaya fogging . Acara sosialisasi yang memang sangat dibutuhkan ini, dimotori oleh Dinas Kesehatan Kota Mataram bersama Puskesmas Dasan Cermen. Hadir dari Dikes Kota Mataram, Pak Yul Haidir, dan ibu Dian. Sementara Puskesmas Dasan Cermen  menerjunkan Kd. Anik, Rostina, Fajarudin, Anto, dan Fitriah. Acara dibuka oleh Lurah Babakan Abdul Rauf S.Sos. Dalam sambutannya Lurang mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada pemerintah kota Mataram atas program sosialisasi tersebut. Dalam kesempatan tersebut Yul Haidir atau biasa dipanggil Pak Yul dari Dikes Kota Mataram menyampaikan betapa berbahayanya Fogging bagi kesehatan. Namun masyarakat seringkali mendesak pemerintah agar melakukan fogging atau penyemprotan nyamuk Aedes Aegypti di lingkungannya.
Pada awalnya Fogging adalah salah satu tindakan untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti, dengan menggunakan bahan kimia yang berfungsi sebagai insektisida bernama yang kadang dicampur dengan minyak tanah. Tapi insektisida ini hanya mampu membunuh nyamuk dewasa saja dan tak bisa membunuh jentik. Upaya yang paling mungkin dilakukan untuk menghambat persebaran nyamuk Aedes Aegefti ini adalah dengan cara mengaktifkan kebali 3 M atau menguras, mengubur, dan menutup. Demikian pak Yul menyampaikan paparannya.
Dalam kesempatan tersebut Puskesmas Dasan Cermen Juga mengadakan penyelidikan epidemiologi dan penyuluhan keliling diwilayah BTN Seganteng. Fitriah ( Motivator KM. Abiantubuh Baru ) hadir dan membantu kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat tersebut. Peserta yang banyak dihadiri tokoh masyarakat tersbut berlangsung cukup sukses. Salah seorang kepala lingkungan Ahmad Nuzuli menyarankan agar pihak terkait mendukung gerakan tersebut dengan membuat Baliho mengenai bahaya nyamuk demam berdarah sekaligus bahaya Fogging. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar