Jumat, 22 Juni 2012

Daun Sambiloto jadi alternativ berobat



 Beberapa orang, datang ke Markas KM Abiantubuhbaru, untuk meminta dun sambiloto. Daun yang rasanya pahit ini, konon khasiatnya cukup bagus untuk mengobati demam dan meriang. " aya dikasi tahu teman dan setelah saya coba, kok bisa sembuh" kata sabarudin yang mengantarkan pak halid untuk minta daun sambiloto yang ditaman di pinggir jalan samping markas KM. Penasaran dengan informasi tersebut akhirnya KM Abiantubuh Baru mencoba mencari data tentang daun tersbut melalui mesin pencari loq Google. dan ini dia hasilnya. 

SAMBILOTO (Andrographis paniculata) adalah spesies tanaman obat yang berasal dari India. Sambiloto juga dapat ditemukan di daerah lain, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Sambiloto juga termasuk tanaman herbal untuk kesehatan manusia.

Selain alami, tanaman obat tradisional yang telah dipelajari sebelumnya dan telah terbukti efektivitasnya ini juga dikenal tak memiliki efek samping. Di Tanah Air, sudah banyak dijual berbagai produk sambiloto yang biasanya berupa kapsul. Apa saja penyakit yang bisa diatasi daun sambiloto?

Ramuan Herbal dengan menggunakan Tanaman Sambiloto untuk penyakit dibawah ini :

1. Flu, sakit kepala
Campurkan 1 gram bubuk kering sambiloto ke dalam secangkir air panas kemudian minum tiga atau empat kali sehari.

2. Demam
Haluskan daun sambiloto, tambahkan setengah gelas air, saring, dan minum. Daun segar yang digiling halus juga bisa digunakan sebagai pereda demam.

3. Batuk dan hipertensi
Ambil lima hingga tujuh daun segar sambiloto dan campur ke dalam air panas. Tambahkan madu secukupnya dan aduk. Minum tiga kali sehari.

4. Infeksi telinga dan sakit gigi
Untuk infeksi telinga, cuci daun kemudian peras sambiloto hingga ada airnya. Gunakan cairan tersebut sebagai obat tetes telinga. Untuk sakit gigi, rebus 9-15 gram daun dengan tiga gelas air. Lalu, saring air rebusan minum dua kali sehari.

5. Diabetes
Rebus setengah tangan daun sambiloto segar dengan tiga gelas air. Saring air rebusan tersisa setelah dua seperempat cangkir. Sisihkan dan tiga perempat cangkir memasak dan minum tiga kali sehari setelah makan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar