Kamis, 19 Juli 2012

Rukun Dalam Perbedaan


Waktu Isya' tiba. Tidak biasanya masjid dan mushalla dipadati jama'ah. Mereka datang ke Masjid dan mushalla terdekat. Dari arah karang Pande Abiantubuh Baru, corong masjid bahkan memanggl-manggil jama'ah untuk segera menuju masjid karena sebentar lagi akan diangsungnkan shalat tarawih. Ya. Malam ini 19 Juli 2012, sebagian warga muslim memang akan melaksanakan shalat tarawih, sesuai hasil keputusan pimpinan ormas Muhamadiyah. Di lingkungan Karang Parwa dan Karang Bata, lebih banyak menunggu keputusan pemerintah, yang disiarkan melalui radio dan televisi. Dari pantauan Kampung Media, beberapa masjid dan mushalla yang usai melaksanakan shalat isya berjamaah, bersikap menunggu sambil i'tikaf. Sebagiannya mengobrol diluar masjid sambil mendengar dan mencermati dialog terbuka menteri agama dengan ormas islam yang audionya dipancarkan langsung melalui pengeras suara masjid. 

" Kita disini mengikuti mazhab Imam Syafi,i, dan menyerahkan keputusan penentuan tanggal awal Rhamdhan kepada pemerintah, kata ustdz Qoamarullah SHI, salah seorang tokoh agama di Abiantubuh. 
Beberapa ibu memutuskan pulang dan menonton siaran televisi. Karena awal puasa diputuskan hari Sabtu masyarakat pun kembali kerumah masing-masing. 
" Meskipun ada yang puasa lebih dulu, kampung ini harus tetap rukun dalam menyikapi perbedaan yang ada" kata ibu Halimah guru Madrasah di kecamatan Sandubaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar