Jumat, 11 Mei 2012

Bahaya lidah jadi materi khutbah

gambar ilistrasi 
Jumat Mei pukul 12.30, adzan bergema dari Masjid Subulassalam Abiantubuh. Dalam daftar petugas Jumat tertera nama H. Abdullatif, SAg sebagai Khatib hari itu. berduyun-duyun para penduduk utamanya para lelaki mendatangi masjid guna menunaikan shalat jumat. suasan khusyu menyelimuti saat sang Khatib membacakan khutbah jumat. Kali ini materi khutbahnya adalah fungsi lidah. dalam kesempatan itu khutbah menguspas secara panjang lebar tentang manfaat dan bahaya lidah dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. 
" banyak dari manusia yang menjadi mulia karena ia sangat pandai menjaga dan memanfaatkan lidahnya, sebaliknya banyak pula yang menjadi hina dina karena salah menggunakan lidahnya. Kejadian tidak menentu akhir-akhir ini, adalah akibat ulah sebagian orang yang tidak berfikir kemudian mengeluarkan kata-kata fitnah dan meneror orang lain dengan lidahnya" begitu sebagian petikan khutbah yang dibumbui dengan ayat dan hadis yang menjelaskan tentang lidah. 
khutbah kali ini terasa relevan dengan kondisi saat ini, dimana banyak kejadian rusuh dan anarkhisme yang mengancam stabilitas ditengah masyarakat sebagi akibat dari provokasi dan agitasi lida-lidah yang tak bertanggungjawab. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar