Jumat, 05 Oktober 2012

Taliwang Raya, mengentas kemiskinan




Abiantubuhnews (5/10/12). Bakda Magrib cuaca Kota Mataram diliputi kegerahan, Kampung Media ditunggu teman untuk diskusi disalah satu Rumah Makan Taliwang di Kota Mataram. RM tersebut adalah Rumah Makan Taliwang Raya di Taliwang Cakranegara. Setelah memacu motor  beberapa menit dari markas, akhirnya tiba juga di Rumah makan yang menyediakan makanan khas Lombok tersebut. Di tempat parker terdapat puluhan mobil berderet rapi. Salah satunya terdapat mobil pariwisata. Kampung media bergegas masuk dan mengamati satu-persatu berugak yang jejer di dalam Rumah makan tersebut Kampung Media akhirnya bertemu dengan beberapa teman diskusi.
Suasana RM Taliwang terasa berbeda malam itu. di ujung selatan terdengar  orang menyanyi dan memainkan music elektone.  Puluhan tamu tampak berinteraksi, bertepuk tangan memberi applause kepada penyanyi yang mendendangkan lagu-lagu sweet memory.
Kampung media menyempatkan diri untuk menemui salah seorang pengelola Rumah makan tersebut. Namanya bu Arini. Dari ibu yang ramah dan murah senyum ini kampong media mendapatkan banyak informasi tentang Rumah makan Taliwang Raya. Menurutnya, RM Taliwang Raya, baru berdiri sekitar delapan bulan. Secara bergantian, RM yang dikelola oleh Haji Bahrain Murad ini mempekerjakan 28 orang karyawan. Jumlah yang cukup banyak di tengah  jumlah angkatan kerja yang terus bertambah dan sulit mencari pekerjaan.
“ kami merasa berterima kasih kepada pemerintah yang telah berupaya meingkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Secara langsung kami menerima manfaatnya. Kami mempekerjakan para pemuda yang tak punya pekerjaan” kata bu Arini kepada kampong media.  Memang,  program Visit Lombok Sumbawa yang menjadi salah satu program unggulan pemerintah NTB memiliki dampak pengurangan kemiskinan cukup luas. Mereka yang menganggur bisa ikut merasakan kue kesejahteraan dari meningkatnya jumlah tamu. Menurut Arini, beberapa karyawan yang baru bekerja tiga bulan saja, sudah dapat beli motor meski dengan cara di kredit. Itu artinya mereka memiliki penghasilan yang lumayan. Gaji karyawan di RM tersebut cukup memadai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar