Rabu, 17 Oktober 2012

Lapangan Abiantubuh "disulap" jadi RTH



Hari belum terlalu siang, namun hawa panas dari cuaca yang cerah mulai membuat orang tak tahan dan mencari tempat yang lebih terlindung dari terpaan sinar mentari. Lapangan Abiantubuh yang beberapa hari ini ditimbun dan diratakan menjadi lautan debu yang kering. Ditempat itulah kedepan akan di bangun ruang terbuka hijau oleh pemerintah kota Mataram. Siang itu   , Selasa (16/10) dilokasi yang lapangan yang mulai tertimbun, walikota Mataram Haji Ahyar Abduh memulai pencanangan pembangunan RTH Abiantubuh Baru. Kegiatan yang ditandai dengan penanaman pohon tersebut, merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Mataram atas MoU yang telah ditandatangani  dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) beberapa pekan lalu, tentang kesiapan dan kesanggupan Kota Mataram sebagai kota hijau. Ruang Terbuka Hijau (RTH) berlokasi di Lingkungan Karang Prawa Kelurahan Abian Tubuh Baru. Setelah Walikota Mataram melakukan penanaman, hal serupa juga dilakukan oleh Perwakilan dari Dirjen Penataan Ruang Kementerian PU RI Nirwono Yoga dan  Kepala Dinas PU Propinsi NTB  Dwi Sugiono.
Walikota dalam kesempatan itu mengatakan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) penting diwujudkan, karena selain menjadi paru-paru kota RTH juga bisa menjadi pusat edukasi dan bermain bagi warga sekitar.  Karena pada RTH seluas 5.950 meter persegi tersebut akan dibangun jogging track, lapangan sepak bola mini, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.
Menurutnya hingga saat ini Kota Mataram baru memiliki sekitar 12 persen RTH, jumlah tersebut masih kurang dari ketentuan yang ditetapkan dalam Undang-Undang yakni sebesar 30 persen. Oleh karena itu Pemerintah Kota Mataram terus berupaya memenuhi kuota tersebut, antara lain dengan mensosialisasikan kepada  masyarakat agar menyisihkan pekarangannya untuk RTH. Demikian halnya  pada pengembang perumahan  agar dapat menyiapkan RTH.
“Alhamdulillah hal itu mendapat dukungan baik dari masyarakat maupun dari kalangan pengembang,” katanya.
Walikota berharap agar masyarakat berpartisipasi dalam menjaga dan merawat berbagai fasilitas yang disediakan di RTH. Menurut Ayu lestari, tenaga Ahli Arsitektur Penataan Ruang RTH Abian Tubuh mengatakan, awal tahun 2013 RTH Abiah Tubuh sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, karena anggaran Rp 850 juta untuk penataan taman dan pembangunan fisik RTH ditargetkan rampung akhir tahun 2012 ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar