Jumat, 19 Oktober 2012

Puskesmas Dasan Cermen turun ke Madrasah



Tepat pukul 8.00 wita, Madrasah NW karang Bata yang tengah asyik belajar didatangi sekelompok orang. Mereka adalah para petugas kesehatan dari puskesmas Dasan Cermen – Sandubaya Kota Mataram. Mereka membawa alat pemerikasaan kesehatan. Imam Mahdi wakil kepala di MTs Karang Bata, langsung mempersilahkan para tamu tersebut untuk memasuki ruang kepala sekolah. Setelah menguraikan tujuan kedatangannya kepada ibu kepala Madrasah,  para tamu tersebut langsung membagi diri memasuki 2 ruang kelas yaitu kelas tujuh dan kelas semblan MTs. NW Karang Bata.  Di ruang kelas 7, tim puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan. Beberapa point yang dicek dalam pemeriksaan tersebut antara lain : Berat badan, tinggi badan, tekanan darah, denyut nadi, frekwensi nafas, kepala, leher, dada, perut, anggota gerak, penglihatan, telingapendengaran, gusi dan gigi.  Dari hasil pemeriksaan di kelas 7 terdapat 4 orang siswa yang mengalami ganguan kesehatan mata. Kepada kepala sekolah petugas puskesmas menyarankan agar keempat anak tersebut segera ditangani.
Di kelas Sembilan, para petugas memberikan arahan tentang kesehatan reproduksi. Peserta yang ikut memang rata-rata beranjak remaja. Tentu pengarahan tentang   kesehatan reproduksi sangat menarik dan penting mereka ketahui. Kadang paserta yang baru menginjak remaja ini tesenyum simpul ditengah pengaraahn tersebut karena menganaggap maerinya unik dan sedikit lucu.
Usai pemeriksaan kepala sekolah memanggil para siswa yang mengalami gangguan kesehatan mata untuk diberikan informasi agar mereka bisa mengetaui kondisi badanya serta secepatny melakukan tindakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar