Jumat, 14 September 2012

Halimah : Guru Swasta seumur hidup



Pagi terasa segar, saat kampung media membuka percakapan dengannya. Dialah ibu guru Halimah. Seorang guru swasta yang memiliki pengalaman cukup lama mengajari siswa. Ibu Halimah cukup dikenal oleh warga sekitar. Ia dengan tekun telah mengajari siswa madrasah NW Karang Bata sejak baru tamat di PGAN Mataram.
Saya mulai mengabdi di MI NW Karang Bata sejak tahun 1987, waktu itu honornya perbulan RP 3000, katanya sambil tersenyum. Para siswanya dulu kini telah banyak yang menjadi orang sukses. Pendidikan para siswanya bahkan lebih tinggi darinya. Dengan honor yang tidak seberapa, ibu Halimah tak pernah berhenti mengajar sebagai guru swasta. Beruntung saat ini, ia memperoleh kesempatan belajar lagi. Beberapa tahun terakhir, ia tercatat sebagai mahasiswi di IAIN Mataram. Ia menjadi salah seorang guru yang dibiayai pemerintah mengikuti program pendidikan S1. Dengan begitu nantinya ibu Halimah bisa ikut sertifikasi guru.
“Karakter anak dulu dan  sekarang ini sangat jauh berbeda, anak anak dulunya sangat hormat dan segan kepada gurunya. Saya masih ingat saat dulu anak-anak menyambut kedatangan guru dan menyalami, terutama kepala sekolah, mereka akan berlarian jika menyambut jika kami datang. Sekarang sangat jauh berbeda, mereka cuek dan tidak peduli” kata ibu guru Halimah mengenang.
Jika dihitung dari tahun 1987 hingga saat ini tahun 2012 maka ibu guru Halimah telah mengabdikan hidupnya sebagai guru swasta selama 25 tahun. Sebuah perjalanan yang panjang. Menjadi guru swasta di sekolah susata memang tak bisa berharap untuk diangta menjadi guru negeri. Pemerintah hanya mengangkat mereka yang mengabdi di sekolah-sekolah negeri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar