Sabtu, 01 September 2012

Halal Bi Halal Antar Etnis pererat Silaturrahmi




KM. Abiantubuh. (1/9/12) Pukul 9.30 , aula sport SD 2 Cakranegara terlihat ramai. Mereka yang hadir merupakan guru-guru dari tingkat TK hingga SMA diwilayah kecamatan Sandubaya dan Cakranegara. Ratusan guru yang mengenakan batik tersebut bakal mengikuti acara Halal bi Halal. Acara Halal bihalal tersebut dihadiri oleh Kadi Dikpora Kota Mataram, kepala Kemenag Kota Mataram, Camat Sandubaya, Camat Cakranegara, serta pihak terkait. Sedianya acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Walikota Mataram, namun beliau diwakili oleh pejabat lain karena pak walikota ada acara lain.
Acara halal bi Halal di mulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Syaibah dari SMK Tarbiatul Qura, salah seorang peserta STQ Kota Mataram yang menyabet peringkat dua. Lalu Acara  dilanjutkan dengan penyampaian laporan panitia  oleh Jasadudin MPd. Dalam sambutannya ketua panitia menjelaskan bahwa tahun ini halal bihalal para guru, tidak hanya terbata pada guru – guru yang muslim, namun diperluas dengan mengundang para guru lintas agama dan etnis. Acara tersebut juga dirangkai dengan pelepasan jamaah calon haji dan pelepasan para guru yang akan mencapai masa purna atau pensiun.
Dalam halal bi halal tersebut TGH Hilman Makmun hadir memberikan cermah. TG yang juga seorang akademisi ini, dikenal komunikatif dan pandai melucu saat berceramah. Hari itu Tg Hilman juga membuat para peserta gerrr saat beliau menyampaikan ceramah diselingi jok jok segarnya.
Dalam ceramahnya TG Hilman, menegaskan pentingnya menjalin hubungan baik dengan sesama manusia. Silaturrahmi yang kuat menjadi modal. Ummat Islam juga penting untuk terus menjaga diri agar terhindar dari maksiat. Beliau menekankan pentingnya menjaga kondisi disiplin seperti kedisiplinan pada saat berpuasa. Meski tak ada yang melihat, kita tidak berani untuk sembunyi-sembunyi melanggar atau melakukan hal-hal yang bisa membuat puasa menjadi batal.  
Hal senada juga di sampaikan Camat Cakranegara pada kesempatan tersebut. Camat yang mengaku sangat bangga dan menghormati guru ini,  juga menekankan pentingnya menjaga silaturahmi antar sesame dalam sambutan singkatnya. (wan)

1 komentar: