Kamis, 04 April 2013

Program BSS Berikan Manfaat Besar



PRAYA- Setelah sebelumnya, Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 dusun Montong Obok desa Jelantik mengakui keberhasilan program Bumi Sejuta Sapi (BSS) dari kepemimpinan DR TGH M Zainul Majdi, MA atau TGB. Kini, giliran kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1 desa Jelantik yang menilai program BSS dari TGB sudah memiliki manfaat besar bagi masyarakat. Berkat BSS , para peternak bisa memperbaiki rumah, anak disekolahkan, kehidupan pangan mencukupi, dan kebutuhan dasar lainnya.
Langkah kedepan, Ketua Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1 Salman akan mengembangkan sapi yang ada, termasuk rencana mengusulkan tambahan bantuan sapi.
‘’Berkat sapi kami bisa perbaiki rumah, kalau ada kebutuhan lain ada cadangan kami dari sapi yang kami pelihara. Manfaat inilah menjadi alasan kami meminta program BSS ini dilanjutkan oleh TGB,’’ katanya.
Jumlah anggota di Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1, lanjutnya mencapai 40 orang. Harapannya, ada 40 ekor sapi yang bisa dibantu oleh TGB. Saat ini sapi yang ada, dipegang masing-masing anggota kelompok dari bantuan sebelumnya.
Kata dia, untuk masalah penyakit atau kematian anak sapi di Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1 dapat ditanggulangi oleh penyuluh lapangan. Setiap bulannya, penyuluh dan dokter hewan mengawasi dan mengontrol perkembangan sapi.
Menurut dia, kandang yang ada di Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1, tidak kalah dengan kandang yang dimiliki Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2. Namun, kadang di Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1 sementara masih kosong karena sedang dibangun, dan ditata lebih bersih serta rapi.
Untuk jaminan keamanan, lanjutnya Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1 melakukan ronda bergiliran guna menjaga sapi yang ada.
“Tapi saat ini sapi ada di anggota kelompok, nantinya kembali dikumpulkan,” katanya.
Keberhasilan TGB merealisasikan program BSS itu membuat Salman spontan mengatakan siap mendukung TGB melanjutkan ikhtiar. “Saya atas nama ketua Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 1 siap mendukung TGB, dan lanjutkan ikhtiar bersama membantu masyarakat,” ujarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar