Kamis, 04 April 2013

Perhatian Besar Pada Pertanian


PRAYA- Kepemimpinan Tuan Guru Bajang (TGB) selama ini diakui Kelompok Tani Sinar Kemiri Desa Jelantik Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah menui hasil yang gemilang, khususnya di bidang pertanian. Banyak bantuan yang turun setiap tahun. Bantuan pertanian yang diberikan yaitu bibit jagung, kedelai, bibit padi yang berkualitas, dan pupuk.
Kesejahteraan masyarakat petani sejak dipimpin TGB ikut meningkat seiring meningkatnya produksi gabah. Yang sudah memiliki anak melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi, membangun usaha baru dan memperbaiki rumah masing-masing.
Manfaat besar bantuan tersebut sangat dirasakan para petani. Selain bantuan, mereka juga mendapatkan pelatihan dan penyuluhan tentang pembibitan, pemupukan, pengentasan hama, dan produksi gabah.
Penyuluhan langsung diberikan oleh tenaga-tenaga yang berkompeten, yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Jonggat. Pelatihan dilaksanaan, setiap bantaun yang diturunkan. Hingga para petani merasa perangkat keras dan lunak teratasi dengan baik.
Diharapkan berbagai progam pengembangan pertanian yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, melalui kepemimpinan TGB dapat dilanjutkan kembali, mengingat manfaat besar yang dirasakan langsung para petani.
Bantuan bibit yang kami terima selama ini gratis. Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dari pemerintah. Kami harap melanjutkan kepemimpinan pemerintah saat ini ,’’ Kata Ketua Kelompok Tani Sinar Kemiri Desa Jelantik Kecamatan Jonggat Erip.
Kata dia, bantuan pertanian yang diberikan disalurkan secara langsung melalui Gabungan Kelompok Tani, selanjutnya disalurkan kembali pada Kelompok Tani.
“Semenjak ada gubernur TGB kami mendapat perhatian besar. Kami sering mendapatkan bantuan untuk pertanian,’’ ujarnya.
Jumlah Kelompok Tani di Desa Jelantik mencapai 14 kelompok. Setiap kelompok memiliki rata-rata luas lahan diatas 50 hektare (ha). Untuk Kelompok Tani Sinar Kemiri mencapai 53 ha. Lahan ditanami padi, jagung, dan kedelai.
Kedepan, kata Erip, gubernur dapat memberikan bantuan berupa modal, dan alat pertanian seperti hand traktor, hand sprayer, dan mesin pompa karena alat itu akan menunjang dan membantu meningkatkan produksi gabah.
Untuk modal, lanjut Erip, akan digunakan menopang kesejahteraan keluarga dengan membuka usaha baru.  Dengan bantuan yang ada saat ini, Erip bersama pengurus dan anggota Kelompok Tani siap memenangkan TGB untuk melanjutkan ikhtiar.
“Kami siap bergerak menangkan TGB karena sudah terbukti,” ujarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar