Kamis, 04 April 2013

BSS Topang Peningkatan Ekonomi


LOTENG-- Program Bumi Sejuta Sapi (BSS) dari pemerintahan Gubernur NTB DR TGH M Zainul Majdi atau TGB mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Secara langsung dapat menopang peningkatan ekonomi dan kesejahtaraan.
‘’Awalnya kami ragu dengan program BSS ini. Tapi setelah berjalan dampaknya mulai kami rasakan. Para peternak kini memiliki sapi berkat bantuan. Sapi itu bisa menjadi tabungan untuk menyekolahkan anak mereka. Menurut saya program ini sangat bagus,’’ papar Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 Amaq Makmun.
Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 Dusun Montong Obok Desa Jelantik Kecamatan Jonggat yang menerima bantuan BSS sebanyak 53 ekor merasa bersyukur atas program BSS yang dicanangkan TGB. Sebanyak 53 ekor itupun dikelola oleh 53 anggota Kelompok Tani Ternak.
Semangat menjalankan program BSS itu pun diwujudkan dengan kebersamaan membangun kandang dan mencari pakan ternak. Banyaknya bantuan BSS itu, tidak lantas Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 merasa puas.
Mereka akan membuat proposal dan surat usulan meminta kembali bantuan sapi pada Pemprov. Termasuk perbaikan kandang. Langkah itu dilakukan karena semangat untuk melestarikan program BSS.
‘’Setelah merasakan manfaatnya, anggota kami makin bersemangat. Itulah sebabnya kami meminta kembali bantuan,’’ katanya.
Setiap satu kandang , diisi 2-3 ekor sapi. Jumlah kandang yang kosong sendiri ada 12. Agar 12 kandang itu terisi, Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 berharap Pemprov kembali mengucurkan bantuan sapi sebanyak 24 ekor.
Dengan banyaknya sapi yang akan dikembangkan, Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 optimis peningkatan ekonomi dan kesejahtaraan masyarakat semakin membaik.
Harapannya, setelah sapi mulai berkembang  dan banyak harga daging dioptimalkan sesuai dengan harga pasar. Tidak kemudian, daging sapi yang ada murah karena masuknya daging sapi impor.  
Persoalan penyakit dan kematian anak sapi selama ini, dapat ditanggulangi oleh penyuluh lapangan yang sewaktu-waktu dapat dihubungi. Setiap bulannya juga, penyuluh dan dokter hewan mengontrol perkembangan sapi.
“Kami bersyukur semua dipermudahkan. Tapi, kami berharap diberi bantuan lagi,” kata Ketua Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 dusun Montong Obok desa Jelantik Amaq Makmun.
Kata dia, program BSS yang dicanangkan TGB sejak awal memimpin NTB sudah dirasakan manfaat bagi peternak sapi. Terbukti dari peningkatan kesejahteraan, dan peningkatan ekonomi peternak sapi, hingga bisa menyekolahkan putra putri dan menghidupi keluarga.
Bukti program TGB itulah, pihaknya bersama anggota Kelompok Ternak Sapi siap mendukung langkah TGB untuk melanjutkan ikhtiar. “Kami dari Kelompok Tani Ternak Barang Nikmah 2 menyatakan siap mendukung TGB. Beliau sudah terbukti,” katanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar