Senin, 27 Mei 2013

Perayaan Isra' Mikraj di Mataram


Perayaan Isra’ Mikraj, merupakan salah tradisi masayarakat Lombok secara umum. Di Mataram perayaan ini kadang dirangkai dengan pembacaan syair-syair dari cerita para nabi. Pembacaan kisah para nabi yang biasa disebut nya’er tersebut berlangsung hingga larut malam, bahkan menjelang subuh. Tak jauh dari markas KM Abiantubuh, terdapat sebuah masjid yaitu masjid Al-Ikhsan. Di masjid ini tradisi perayaan Isra’ Mikraj berlangsung secara turun temurun. Senin 27 Mei tadi malam, perayaan Isra’ Mikraj di masjid tersebut berlangsung khidmat. Sebelum acara mulai berlangsung, para tamu dari banjar lain di seputar masjid disuguhi sajian santap malam. Setelahnya masyarakat aatau para tamu yang hadir di tempat tersebut mengkuti prosesi perayan Isra’ Mikraj.
Malam itu acara dimulai dengan pembacan kalam Ilahi oleh ust. Syukron Makmun dari Selagalas. Selanjutnya acara sambutan dibacakan oleh Ust HM. Syukri. Puncak acara peringatan Isra’ Mikraj tersebut ditandai dengan penyampaian Tausiyah Hikmah Isra’ Mikraj, yang disampikan oleh Ustadz Muammar Rembiga. Dalam Ceramahnya Ust tersebut memaparkan makna dan Hikmah dari perayaan Isra’ Mikraj.
“ Hikamh penting perayaan yang kita adakan ini adalah bahwa kita mencari dan memohon ridha Allah yang Maha sempurna agar semua yang kita kerjakan mendapat ridha Allah” Kata Ust. Muammar kepada para tamu undangan.
Ceramah tersebut juga mengupas banyak hal tentang modernitas dan keberagamaan
. Bagai mana mendekatkan diri kepada Allah tak lupa disampaikan. (wan)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar