Kamis, 15 Agustus 2013

Pawai Takbiran Lebaran Topat

Bagi Remaja masjid Subulassalam Abiantubuh , malam lebaran ketupat merupakan malam yang dinanti. Setiap tahunnya, remaja masjid menggelar pawai takbir saat malam Lebaran Topat tiba. Awalnya kegiatan ini tidak terlalu meriah. Namun akhir-akhir ini, peserta yang ikut tampil lebih sempurna. Lampion, kostum dan kerapian para peserta, bisa dibilang sangat serius. Peserta yang ikut berasal dari RT di sekitar Karang Bata Utara, Karang Bata Tengah dan Karang Bata selatan.
Menurut Raja,(14/8) salah satu kafilah yang tampil dalam parade tersebut, kegiatan ini sudah berlangsung sepuluh tahunan. Kegiatan yang hanya boleh diikuti oleh anak-anak ini, bisa menjadi hiburan bagi anak-anak- mulai dari usia Taman Kanak-kanak hingga SMA. Mereka sudah tampak bersiap-siap sebelum sholat Isya. Di salah satu tempat dimana tim bersiap, salah seorang ibu tampak merias peserta yang akan ikut pawai. Anak-anak perempuan diberi atau dipasangkan ikat kepala secara seragam. Ini agar peserta tampak lebih menarik kata Inaq Suri sambil memegang kepala salah seorang anak untuk dirias.
Ba’da shalat Isya, jalan senopati sudah mulai ramai oleh warga yang aka menyaksikan pawai lebaran topat tersebut. Setelah dilepas oleh panitia, peserta yang sudah berkumpul di sekitar masjid mulai berangkat melewati jalan senopati V, berbelok ke jalan Harapan, berbelok ke Jalan Prabu Rangkasari lalu berbelok lagi menuju Jalan Senopati Raya. Jalan Prabu Rangkasari menjadi ramai. Pra pengendara yang lewat tampak memotret dengan tempon genggam sambil mengurangi kecepatan laju kendaraannya.(Fitri)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar