Senin, 11 Maret 2013

Wirausaha Teladan dari Song Gajah



Jauh dari akses pusat kota. Tepatnya di dusun Song Gajah Kempo Kabupaten Dompu, para ibu mengelompokkan diri mereka dalam satu wadah kelompok usaha bersama. Mereka tergolong perempuan kreatif dan aktif. Banyak sekali buah dari keuletan mereka mengolah hasil bumi dijual dan beredar di pasar dompu. Ditangan anggota kelompok ini, hasil bumi seperti mente, jagung, singkong, kacang dan lainnya, bisa berubah menjadi kue kering, manisan sirup, dan panganan gurih lainnya. Menurut salah seorang ibu yang kami tanyai (2/3/13), kemompok itu telah bisa membuat 20 jenis makanan. Namanya Kelompok Rizky. Kelompok ini merupakan salah satu binaan pemerintah Kabupaten Dompu dan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat.
“  Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah membina kami hingga sekarang kami telah bisa memproduksi banyak jenis makanan, terutama kepada pak Gubernur yang jauh-jauh datang mengunjungi kami yang berada di pelosok ” Kata ibu  Tini kepada Kampung Media.
Menurut ibu yang sudah lama memimpin kelompok ini, berkat bantuan dari beberapa SKPD yang ada di kabupaten dan provinsi, kelompok binaanya telah bisa ikut berpameran hingga ke Mataram.  Mereka telah dibekali pelatihan yang diadakan oleh pemerintah melalui program unggulan daerah. Hasil produksi kelompok ini, 13 jenis diantaranya telah memiliki PIRT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar