Senin, 11 Maret 2013

Kader Pos Yandu Puji Pemerintah

KM. Abiantuabuh.Kelurahan Dasan Cermen  berada di ujung Selatan Kota Mataram. Kelurahan ini merupakan gerbang atau pintu masuk dari wilayah selatan bagi kota dengan Moto Maju Religius dan berbudaya ini. Kelurahan ini masyarakatnya sebagian besar menggeluti hidup dengan cara bertani, baik petani penggarapa maupun petani pemilik lahan. Di kelurahan ini, para ibu rumah tangga tak tinggal diam. Mereka tergolong produktif. Banyak yang ikut ke sawah membantu suami, banyak yang ke pasar untuk menjual hasil bumi, banyak pula yang mengolah hasil pertanian untuk dijadikan bahan makanan aneka rupa. Diinisisasi para kader pos yandu, para ibu membuat kelompok usaha. Dengan cara berkelompok inilah mereka kemudian bisa mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah. Siti Aisyah, salah seorang kader pos yandu yang sudah cukup lama mengabdi di tengah masyarakat Dasan Cermen berhasil KM temui (6/3/13). Dalam dialog kami dengannya ia banyak bercerita soal kelompok usaha yang ia rintis.
" Alhamdulillah, kelompok usaha di tempat kami sudah banyak yang menjadi besar dan mandiri. Dari modal usaha yang satu juta, salah satu anggota kelompok misalnya, sudah ada yang bisa merekrut karyawan hingga puluhan orang. Tetangganya direkrut untuk ikut bekerja membungkus atau menggoreng kerupuk. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan modal kepada kelompok-kelompok yang kami bina" kata ibu Aisyah kepada Kampung Media.
Pembinaan Kelompok Usaha merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan daerah ini. Kelompok-kelompok usaha diberikan bantuan pelatihan, bantuan peralatan serta bantuan modal usaha. Ibu Aisyah bahkan menyebut bahwa masyarakat sampai kelebihan bantuan dan membuat mereka yang nakal menjadi manja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar