Minggu, 02 Juni 2013

Makam Loang Baloq, tak pernah sepi.


KM.ABIANTUBUH. Loang Baloq, aadalah salah satu objek wisata spiritual di kota Mataram. Makam ini kerap dikunjungi para peziarah dari berbagai tempat. Menurut penjaja makanan dan buah ditempat tersebut, makam yang konon menjadi tempat bersemayam para wali ini tak pernah sepi pengunjung. Menurut sejarah yang ditempel di pintu gerbang makam ini, tokoh yang bersemayam di makam tersebut adalah Gauz Abdul Razak. Begini tulisan yang terpampang dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris tersebut :
Makam
“Pada Tahun 1866 Masehi, seorang ulama besar bernama Maulana Syeich Gaus Abdurrazak yang berasal dari jazirah Arab datang ke Palembang. Dari Palembang kemudian beliau melanjutkan perjalanan dan mendarat di pesisir pantai Ampenan Kota Mataram. Beliau menyampaikan Petuah-petuah Ajaran Kebenaran Islam sehingga ajaran tersebut sangat dipercaya oleh Masyarakat Lombok.
Selain makam Maulana Syeikh Gaus Abdulrrazak juga terdapat makam datuk laut dan makam anak yatim. Makam ini sering dikunjungi oleh peziarah baik dari pulau Lombok dan bahkan dari luar pulau Lombok, yang tak lain tujuannya untuk mendoakan arwah beliau diterima di sisi Allah”
Tulisan tersebut juga dipasang disisi barat salah satu makam tersebut menggunakan tinta emas. Ditempat tersebuat mereka yang datang berziarah juga mengadakan roah atau selamatan. Tempat ini terus ditata oleh pemerintah kota Mataram, sebagai salah satu objek wisata. Saat Kampung Media berkunjung ke tempat tersebut, orang-orang bergantian memasuki makam yang terletak dibawah pohon beringin. Akar beringin yang dulunya banyak diikatkan plastic kini sudah tidak terlalu banyak. Akar besar yang menyelimuti makam tersebut sudah ditutup kain putih. (Wan)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar