Kamis, 17 Oktober 2013

KM Abiantubuh Siap Mandiri




“Kami dari KM Abiantubuh Sudah siap untuk menjadi KM Mandiri”(16/10) kata Fitriah salah seorang anggota Komunitas yang sehari-hari menjaga warung PLIK di Markas KM. Menurutnya, sejak Kominfo memindahkan perangkat PLIK dari Kantor Camat Sandubaya kelokasi baru di sekitar komunitas  Kampung media Abiantubuh, para pengguna internet terus berdatangan. Mereka yang datang tak hanya menggunakan perangkat komputer yang disediakan, namun banyak juga yang memanfaatkan jaringan WIFI dengan membawa laptop dan telpon pintar. Karena tidak menggunakan komputer untuk menghitung jam pemakaian para pengguna, ia membuat catatan kedatangan saja. “ Karena pengguna banyak yang antri, saya membatasi para pengguna satu jam saja agar yang lain kebagian” kata pengelola PLIK ini. Dari buku catatan yang dia buat terlihat lebih dari 50 orang menggunakan internet tiap harinya. Jika hari libur bahkan lebih dari 60 orang memanfaatkan PLIK.
Ramainya pengguna yang datang dimanfaatkan Fitriah untuk menjual makanan ringan hasil olahannya. Makanan yang dibuat menggunakan bahan yang memang menjadi produk andalan kampungya. Ia membuat makanan olahan berbahan dasar tahu dan tempe. “ Saya membuat tahu crispy, tempe crispy atau pisang crispy untuk anak-anak yang datang ke sini, ternyata banyak yang suka, hari libur saya sampai bisa menghabiskan 60 bungkus tempe untuk diolah” katanya menambahkan. Kehadiran PLIK bisa dibilang membantu produsen tahu dan tempe. Makanan ringan yang dibuat tidak seperti tahu dan tempe goreng biasa namun tampilannya lebih di percantik agar anak menjadi lebih tertarik. Untuk pisang goreng misalnya, selain diolah dengan tepung roti, pisang goreng ini juga diolesi blueband  lalu dibubuhi dibubuhi  misis atau keju. Dengan begitu tampilannya menjadi beda dan rasanaya lain dari pisang goreng biasa.
“Jika kondisinya tiap hari seperti ini, maka kami kampung media sudah bisa mandiri. Kami tidak lagi mengharpkan honor dari pemerintah agar KM Abiantubuh bisa bergerak.”kata ibu dua anak ini. Dari hasil warung internet dan menjual kue olahannya  ia telah bisa menyisihkan  keuntungan untuk menabung. (wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar