Sabtu, 26 November 2011

Tahun Baru 1433 Hijriah, Perayaan nan khidmat



Sejak lepas Zuhur, beberapa remaja berkeliling mengantarkan surat undangan. Dari rumah ke rumah, mereka mengucap salam dan menyapa penghuninya. Tidak sekedar memberikan surat undangan, namun ada juga yang langsung mengajak. Uandangan apakah yang mereka bawa, ajakan apa yang mereka ucapkan kepada orang–orang yang menerima undangan ?. Siapakah mereka yang berkeliling mengantar surat tersebut ?. Setelah dibuka, surat yang mereka bawa adalah surat undangan peringatan tahun baru hijriah. Pada lembar kedua dan ketiga surat tersebut, terlampir doa akhir tahun dan doa awal tahun baru hijriah. Jika melihat Kop suratnya, maka bisa di pastikan para remaja tadi adalah anggota Remaja Masjid Subulassalam Karang Bata. Surat undangan perayaan Tahun Baru Hijriah seukuran setengah polio itu ditanda tangani oleh pengurusnya yaitu, Ah. Hujjatul Islam dan Faidul Ilahi.

            Sore agak mendung. Cuaca itu menghadirkan kesejukan, seusai siang yang panas menggerahkan bumi. Kesejukan mengiringi sore akhir tahun, yang pergi meninggalkan harapan baru bagi tahun-tahun yang lebih baik. Menjelang Maghrib, dua Masjid yang berada di lingkungan Karang Bata Utara dan Selatan, telah mulai memanggil-manggil jama’ah lewat corong. Di Masjid Al-Ikhsan pembacaan doa akhir tahun dipimpin oleh HM Syukri . Para Jamaah mengikuti dengan penuh khusyu.  Jama’ah memang datang lebih awal untuk shalat magrib berjama’ah, sekaligus mengikuti rangkaian pembacaan doa akhir dan awal tahun baru Hijriah. Begitu pula di masjid Subulassalam Karang Bata Utara. Acara pembacaan doa akhir tahun secara bersama dipimpin oleh H Abdullatif. Suasana senja akhir tahun terasa semarak. Lantunan pembacan surah Yasin membuat suasana kian hidup dan khusyu. Puncak acaranya adalah  pembacaan  doa akhir tahun. Usai pembacaan doa akhir tahun, langsung terdengar Adzan Maghrib.
            Meski shalat magrib telah usai, namun  jama’ah masih tetap menunggu pembacaan doa awal tahun. Ekspektasi baru akan tahun yang lebih baik, menjadi harapan tertinggi selain harapan akan ampunan dan maghfirah dari Allah. Semoga tahun depan lebih sukses. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar